Deteksi Covid-19, Kapolres dan PJU Polres Sergai Lakukan Rapid Test

deteksi Covid-19

topmetro.news – Guna mencegah dan deteksi Covid-19, Kapolres dan Pejabat Utama (PJU) Polres Sergai laksanakan Rapid Test di Mapolres Sergai, Jum’at (3/3/2020).

Usai lakukan rapid Test, Kapolres AKBP Robin Simatupang mengatakan, “Pemeriksaan menggunakan rapid test ini bertujuan untuk mengecek kondisi Para Pejabat Utama Polres Sergai. Caranta pemeriksaan darah memakai alat Rapid test, hasilnya dapat diketahui dalam waktu 15 menit,”.

Deteksi Covid-19 Sekaligus Imbauan Terhadap Masyarakat

Kapolres menambahkan, kegiatan ini sebagai upaya untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) kepada personil Polri dalam memberikan himbauan kepada masyarakat terkait pencegahan virus Covid-19.

“Pengadaan alat ini untuk APD personil polisi. Hal ini sesuai protokol kesehatan dan protokol keselamatan dalam memberikan himbauan terhadap masyarakat yang masih berkumpul di luar rumah,” jelas Kapolres

Kadis Kesehatan Sergai, dr. Bulan Simanungkalit dalam kesempatan itu mengatakan, penggunaan Rapid test untuk deteksi Covid-19 dengan cara mengambil sampel darah untuk di uji, memeriksa virus menggunakan IgG dan IgM dalam darah. Karena didalam darah terdapat sejenis antibodi yang terbentuk di dalam tubuh saat kita mengalami infeksi virus.

Baca Juga: Medan, Deli Serdang dan Tanjung Balai Ditetapkan Zona Merah Covid-19

“jika dalam tubuh terjadi infeksi virus, maka jumlah IgG dan IgM di tubuh akan bertambah, hasilnya akan keluar dalam 10 sampai 15 menit, ini hanya untuk screening awal tidak dapat memastikan diagnosa Covid-19,” Jelas dr. Bulan.

Sayangnya,sewaktu ingin dikonfirmasi lebih lanjut,Kadiskes Sergai,dr Bulan melalui WhatsApp ya,kedua nomornya tidak dapat tersambung,infonya dia hapenya hilang.

Hadir seluruh PJU Polres Sergai dan Kadis BPKD Sergai,Rusmaini Purba dan Paurkes Polres Sergai.

Reporter | Ali Amran

Related posts

Leave a Comment